PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VII C SMPN 5 KEDIRI

RANABUMI, RADITYA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VII C SMPN 5 KEDIRI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (822Kb)

    Abstract

    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerita pendek dengan menerapkan model pembelajaran Time Token dan media video pada siswa kelas VII C SMPN 5 Kediri; (2) meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek melalui model pembelajaran Time Token dan media video pada siswa kelas VII C SMPN 5 Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan guru bahasa Indonesia SMPN 5 Kediri. Sumber data dalam penelitian ini berupa serangkaian proses peristiwa dalam pembelajaran, informan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pemberian tugas, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan informan. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survei awal, prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dan media video mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas VII C SMPN 5 Kediri. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan kualitas proses melalui kinerja guru yang awalnya pada siklus I mendapatkan nilai 2,40 meningkat menjadi 3,13 dengan kategori sangat baik. Kemudian meningkatnya kinerja guru diikuti dengan meningkatnya kinerja siswa yang awalnya pada siklus I mendapatkan nilai 2,55 meningkat menjadi 3,33 dengan kategori sangat baik. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran diikuti dengan meningkatnya hasil keterampilan menulis cerita pendek siswa. Jika pada siklus I prosentase kelulusan siswa hanya mencapai 60% dengan rerata nilai 73,1 kemudian pada siklus II prosentase kelulusan siswa meningkat menjadi 90% dengan rerata nilai 76,6 yang artinya rata-rata nilai keterampilan menulis cerita pendek sudah mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 75. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token dan media video mampu meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas VII C SMPN 5 Kediri

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:40
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40253

    Actions (login required)

    View Item