PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS SOSIOKULTURAL UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

FATMAWATI, QODRIAH SITI (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS SOSIOKULTURAL UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (968Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) untuk mengetahui keadaan dan kebutuhan buku ajar tematik tema “Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku” pada kelas 1 sekolah dasar. (2) Untuk mengembangkan buku ajar tematik berbasis sosiokultural tema “Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku” yang layak, valid dan praktis bagi peserta didik kelas 1 sekolah dasar. (3) Untuk mengetahui keefektifan buku ajar tematik berbasis sosiokultural tema “Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku” bagi peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall. Subjek uji coba adalah 5 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten yang meliputi peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Keden, SD Negeri 2 Tambakboyo, SD Negeri 2 Keden, SD Negeri 3 Keden, dan SD Negeri 1 Sobayan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, analisis dokumen, tes, dan angket. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa (1) buku ajar tematik integratif berbasis sosiokultural layak digunakan. Bukti kelayakan produk didasarkan pada penilaian ahli materi diperoleh skor 89,7% kategori “sangat baik”, ahli media diperoleh skor pada aspek penyajian 87,5%, dan aspek kegrafikan 88,75% dengan kategori keduanya “sangat baik”, ahli bahasa diperoleh skor 83,75% kategori “sangat baik” hasil respon guru dengan persentase 91,25% kategori “sangat baik” dan pada hasil respon siswa dengan persentase 90,5% dengan kategori “sangat baik”. (2) Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa buku tersebut efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa. Bukti ini didasarkan pada hasil uji lapangan menunjukkan p < 0.05 pada hasil belajar, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan buku tersebut.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:30
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40251

    Actions (login required)

    View Item