KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPENDAPAT PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA N 01 MOJOLABAN

H, NUR HEXA YOGI (2018) KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPENDAPAT PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA N 01 MOJOLABAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (763Kb)

    Abstract

    Nur Hexa Yogi Hastomo. Keefektifan Metode Diskusi dengan Teknik Debat Aktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpendapat pada Peserta Didik Kelas XII SMA N 01 Mojolaban. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan metode diskusi dengan metode debat aktif untuk meningkatkan keterampilan berpendapat pada peserta didik kelas XII SMA N 01 Mojolaban. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experimental Design). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII SMA N 1 Mojolaban tahun ajaran 2017/2018 yang memiliki keterampilan berpendapat rendah. Subjek penelitian berjumlah 56 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen terdiri dari 28 peserta didik dan kelompok kontrol 28 peserta didik. Treatment yang digunakan adalah metode diskusi dengan teknik debat aktif. Debat aktif adalah suatu bentuk diskusi yang terdiri pihak pro dan kontra untuk suatu pokok permasalahan, masing–masing pihak menyampaikan gagasan dan pemikiranya dan saling mempertahankan pendapatnya untuk mempengaruhi lawan debat dan pemerhati sehingga dapat dicapai pemecahan masalah secara bersama. Treatment dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan. Subjek di bagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok pro, kelompok kontra dan kelompok pemerhati. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik statistik nonparametrik Mann-Whitney. Hasil analisis diperoleh skor Z sebesar -3,792 dengan signifikansi 0,000. 0,000<0,05 menunjukan adanya perbedaan hasil posttest kelompok eksperimen yang diberi treatment diskusi dengan metode debat aktif dengan kelompok kontrol yang tidak diberi treatment. Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa diskusi dengan metode debat aktif efektif untuk meningkatkan keterampilan berpendapat pada peserta didik kelas XII SMA N 01 Mojolaban. Kata kunci: Metode Diskusi Teknik Debat Aktif, Keterampilan Berpendapat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:12
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40236

    Actions (login required)

    View Item