UPAYA KEPOLISIAN RESORT KEBUMEN DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA PERTAMBANGAN TANPA IZIN (KAJIAN DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL

P, NICODEMUS WISNU (2018) UPAYA KEPOLISIAN RESORT KEBUMEN DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA PERTAMBANGAN TANPA IZIN (KAJIAN DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (175Kb)

    Abstract

    Nicodemus Wisnu Pratama. E0011224. 2017.UPAYA KEPOLISIAN RESORT KEBUMEN DALAM MENANGANI PERTAMBANGAN TANPA IZIN (KAJIAN DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pertambangan tanpa izin di Kabupaten Kebumen, dan meneliti upaya-upaya yang dilakukan guna menanggulangi pertambangan tanpa izin. Pengertian ini diambil dengan metode penelitian empiris dengan sifat penelitian deskriptif, dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan bahan hukum primer dengan berupa wawancara dan bahan hukum sekunder berupa perundang-undangan, buku-buku maupun dokumen resmi, serta bahan hukum tertier berupa kamus besar bahasa Indonesia, ensiklopedia, dan lain-lain. Teknik analisis bahan hukum secara analisis interaktif mulai dari mereduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dihasilkan dari kesimpulan faktor-faktor penyebab terjadinya pertambangan tanpa izin di Kabupaten Kebumen adalah : faktor ekonomi, faktor sosial, faktor hukum peraturan, dan faktor pendidikan. Berdasarkan keempat faktor tersebut, maka terdapat upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pertambangan tanpa izin, antara lain pertama upaya preventif yaitu berupa patroli dan operasi kepolisian, penyuluhan hukum, pengawasan sasaran kejahatan dan pemasangan spanduk serta melakukan himbauan kepada masyarakat. Kedua upaya represif yaitu berupa pengoptimalisasian fungsi dan kinerja dari pihak unit Reskrim khususnya Unit IV Tipiter Reskrim Polres Kebumen, membuka layanan laporan, mempercepat proses pemberkasan perkara dan pengumpulan barang bukti. Kata Kunci : Pertambangan Tanpa Izin, Etiologi Kriminal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:06
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40232

    Actions (login required)

    View Item