Penerapan Model PDEODE pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 2 Surakarta.

Kumara, Nanda Rizky (2018) Penerapan Model PDEODE pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 2 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (797Kb)

    Abstract

    Nanda Rizky Kumara. K2313048. Penerapan Model PDEODE pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 2 Surakarta. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Telah dilakukan penelitian di kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa melalui penerapan model pembelajaran PDEODE (Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain) pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Data diperoleh melalui tes tertulis, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator ketercapaian tingkat penalaran kemapuan berpikir logis pada kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta yaitu sebesar 75 % siswa mempunyai kemampuan berpikir logis pada tahap formal dan mencapai 50% pada setiap indikator kemampuan berpikir logis. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PDEODE dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta pada materi Suhu dan Kalor. Pada kemampuan berpikir logis diperoleh peningkatan masing-masing aspek kemampuan berpikir logis, Penalaran korelasional mengalami kenaikan dari 32,81% pada tahap pra siklus menjadi 56,26% pada siklus II, penalaran probabilistik mengalami kenaikan dari 34,37 % pada tahap pra siklus menjadi 54,68 % pada siklus II, penalaran proporsional mengalami kenaikan dari 31,25% menjadi 53,12 %, pengontrolan variabel mengalami kenaikan dari 28,13 % pada tahap pra siklus menjadi 51,56 % pada tahap siklus II, serta penalaran kombinatorial mengalami kenaikan dari 25 % menjadi 51,56 % pada siklus II. Selain kenaikan tiap aspek, diperoleh hasil 28 % siswa dengan tingkat penalaran formal pada pra siklus, menjadi 88 % pada Siklus II . Kata kunci: PDEODE, berpikir logis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:00
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40228

    Actions (login required)

    View Item