Penerapan Model Guided Inquiry dengan Penambahan Instruksi Pada Tahap Orientation untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep

HIDAYATI, NURUL (2018) Penerapan Model Guided Inquiry dengan Penambahan Instruksi Pada Tahap Orientation untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (887Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep peserta didik dengan menerapkan instruksi pada tahap orientasi pembelajaran guided inquiry. Desain penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru. Prosedur penelitian menggunakan empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 24 peserta didik perempuan Sekolah Menengah Atas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk mengukur skor concept map berdasarkan expert concept map. Data berupa skor concept map, catatan dan jawaban peserta didik sebagai indikator menemukan dan menghubungkan konsep. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada prasiklus rentang skor concept map yaitu 3,09% - 27,58%, rata-rata skor 16,00% dengan 13 siswa memiliki skor di atas rata-rata, siklus 1 rentang skor concept map yaitu 8,64% - 61,32%, rata – rata 29,36% dengan 11 siswa memiliki skor di atas rata-rata, dan siklus 2 rentang skor concept map yaitu 7,65% - 48,09%, rata-rata 30,62 % dengan 15 siswa yang mendapatkan skor di atas rata-rata, dengan demikian penerapan instruksi pada tahap orientation pembelajaran guided inquiry meningkatkan skor dan rata-rata skor concept map peserta didik. Kata kunci: instruksi, orientation, guided inquiry, menemukan konsep, menghubungkan konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:00
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40209

    Actions (login required)

    View Item