Argumentasi alasan kasasi penuntut umum terhadap putusan bebas judex factie dan pertimbangan judex juris dalam memutus perkara penipuan (studi putusan mahkamah agung nomor 1098k/PID/2015)

Nugroho, Nofidh (2018) Argumentasi alasan kasasi penuntut umum terhadap putusan bebas judex factie dan pertimbangan judex juris dalam memutus perkara penipuan (studi putusan mahkamah agung nomor 1098k/PID/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (765Kb)

    Abstract

    ABSTRAK NOFIDH NUGROHO, E0013302, ARGUMENTASI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS JUDEX FACTIE DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS DALAM MEMUTUS PERKARA PENIPUAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1098K/PID/2015) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuaian argumentasi alasan Kasasi Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Luwuk terhadap Putusan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah di Palu mengenai perkara penipuan yang didakwakan kepada Terdakwa bernama Mardiana Balahanti dengan Pasal 253 KUHAP. Penuntut Umum mengajukan permohonan Kasasi dengan alasan judex facti salah menerapkan hukum, tidak menerapkan hukum atau menerapkan hukum tidak sebagaimana mestinya. Penelitian ini juga akan mengkaji kesesuaian pertimbangan judex juris Mahkamah Agung terhadap perkara penipuan tersebut dalam putusan Mahkamah Agung Nomor 1098K/Pid.Sus/2015 dengan Pasal 256 jo 193 ayat (1) KUHAP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan dengan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan bahan hukum primair dan sekunder yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Penulis menggunakan metode analisis logika deduktif silogisme dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan yaitu alasan kasasi Penuntut Umum Judex Factie salah menerapkan hukum terhadap perkara tindak pidana penipuan telag sesuai dengan ketentuan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP, bahwa Terdakwa berdasarkan fakta-fakta hukum yang terungkap di persidangan telah memenuhi semua unsur tindak pidana penipuan pada Pasal 378 KUHP. Pertimbangan Judex Juris menjatuhkan sanksi pidana penjara kepada Terdakwa juga telah sesuai dengan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan dan dijatuhi pidana penjara selama 6 (enam) bulan penjara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:01
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40206

    Actions (login required)

    View Item