PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN AJARAN 2015/2016

SARASWATI, NITI ASIH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (638Kb)

    Abstract

    Niti Asih Saraswati. K3311059. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) motivasi belajar siswa pada materi Termokimia kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Slogohimo, (2) prestasi belajar siswa pada materi Termokimia kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Slogohimo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI IPA I SMA Negeri 1 Slogohimo tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi Termokimia. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari kenaikan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 69,23% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari dua aspek yaitu kognitif dan afektif. Prestasi belajar kognitif pada siklus I ditandai dengan ketuntasan sebesar 46,15% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan pada aspek afektif, ketercapaian pada siklus I sebesar 42,31% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, team assisted individualization, lembar kerja siswa, motivasi belajar, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:01
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40205

    Actions (login required)

    View Item