UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LETTER SOUNDS PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM BAKTI 17 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RAHMAHWATI, NITA (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LETTER SOUNDS PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM BAKTI 17 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1189Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nita Rahmahwati. K8113058. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LETTER SOUNDS PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM BAKTI 17 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan kemampuan keaksaraan awal menggunakan media pembelajaran letter sounds pada anak kelompok A TK Islam Bakti 17 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Islam Bakti 17 Surakarta yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keaksaraaan awal dari pra siklus diperoleh hasil ketuntasan sebesar 36,36% atau sebanyak 8 anak meningkat menjadi 81,82% atau sebanyak 18 anak pada akhir siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf (b, d, m, w), meniru huruf (b, d, m, w), serta memahami bentuk dan bunyi huruf (b, d, m, w). Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media letter sounds dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok A TK Islam Bakti 17 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: kemampuan keaksaraan awal, letter sounds, pendidikan anak usia dini ABSTRACT Nita Rahmahwati. K8113058. EFFORTS TO IMPROVE EARLY LITERACY SKILLS USING LETTER SOUNDS LEARNING MEDIA IN CHILDREN GROUP A TK ISLAM BAKTI 17 SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2016/2017. Thesis. Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University, October 2017. This study aims to improve early literacy skills using letter sounds learning media in children group A TK Islam Bakti 17 Surakarta Academic Year 2016/2017. This research uses qualitative and quantitative approach. This research is a Classroom Action Research conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were the children of group A TK Islam Bakti 17 Surakarta which amounted to 22 children. Techniques of collecting data through observation, interview, test, and documentation. Validation of quantitative data using construct validity Validation of qualitative data using source triangulation and technique triangulation. Quantitative data analysis uses comparative descriptive statistical techniques and qualitative data analysis using interactive models. The results of classroom research showed an increase in early literacy skills in each cycle. The result of the research shows that the increase of initial literacy ability from pre cycle is obtained 36,36% or 8 children increase to 81,82% or 18 children at the end of cycle II.. The increase is evidenced by the increasing ability of the child in recognizing the symbols of letters (b, d, m, w), imitating letters (b, d, m, w), as well as understanding the form and sound of letters (b, d, m, w). The conclusion of this research is the usage of letter sounds media can improve early literacy skills of the children of group A TK Islam Bakti 17 Surakarta academic year 2016/2017. Keywords: early literacy skills, letter sounds, early childhood education

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:01
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40203

    Actions (login required)

    View Item