UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP INVESTOR PASAR MODAL PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG DINYATAKAN PAILIT (Studi Pada Otoritas Jasa Keuangan)

HIDAYAT, MUZAMMIL (2018) UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP INVESTOR PASAR MODAL PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG DINYATAKAN PAILIT (Studi Pada Otoritas Jasa Keuangan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (766Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muzammil Hidayat. E0013295. 2017. UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP INVESTOR PASAR MODAL PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG DINYATAKAN PAILIT (Studi Pada Otoritas Jasa Keuangan). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini mengkaji tentang kedudukan hukum investor pasar modal pada perusahaan go public yang dinyatakan pailit dan bagaimana upaya perlindungan hukum yang dapat diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan kepada investor pasar modal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan sifat penelitian deskriptif dan bentuk preskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedudukan hukum investor pasar modal pada perusahaan go public yang dinyatakan pailit adalah mendapatkan hasil likuidasi paling terakhir setelah semua utang kepada para kreditor dibayarkan. Saham dapat dikatakan sebagai utang ketika perusahaan go public dinyatakan pailit sehingga investor berhak mendapatkan pembagian harta likuidasi sesuai dengan modal atau saham yang dimiliki. Upaya perlindungan hukum oleh otoritas jasa keuangan adalah berupa penerapan prinsip keterbukaan kepada para investor dan dapat mengajukan gugatan perdata ke pengadilan atas kerugian yang dialami oleh investor. Kata Kunci: Investor, Perlindungan Hukum, Pailit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 28 Mar 2018 11:01
    Last Modified: 28 Mar 2018 11:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40200

    Actions (login required)

    View Item