Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Naskah Gelumpai untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa SMA Bukit Asam

INDAH, MAYANG (2018) Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Naskah Gelumpai untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa SMA Bukit Asam. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (178Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran sejarah di SMA Bukit Asam Tanjung Enim. (2) Mengembangkan pembelajaran sejarah berbasis nilai naskah Gelumpai untuk meningkatkan solidaritas sosial kolaborasi model Inkuiri dengan pendekatan Value Calrification Technique (VCT) di SMA Bukit Asam Tanjung Enim. (3) Menguji Efektifitas model pembelajaran sejarah berbasis nilai naskah Gelumpai untuk meningkatkan solidartas sosial kolaborasi model Inkuiri dengan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) di SMA Bukit Asam Tanjung Enim. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Dick & Carey. Metode pengembangan ini terdiri dari sepuluh (10) tahapan. Tahapannya sebagai berikut : (1) Studi pendahuluannya, yaitu deskripsi profl sekolah dan mengetahui model yang digunakan sekolah dalam pembelajaran sejarah di sekolah, (2) Kebutuhan model pembelajaran sejarah, (3) Pemahaman peserta didik tentang nilai solidaritas sosial yang terdapat dalam naskah Gelumpai, (4) Merumuskan tujuan performansi, (5) Hasil validasi instrumen penelitian oleh ahli, (6) Mengembangkan strategi pembelajaran, (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) Uji coba produk dan uji implementasi, (9) Hasil final model pembelajaran sejarah berbasis nilai naskah Gelumpai, (10) Mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif. Teknik analisa data menggunakan wawancara, studi literatur dan angket. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan satu kelas kontrol dan satu kelas experimen. Penelitian mengambil sampel peserta didik pada kelas XI IPS SMA Bukit Asam Tanjung Enim. Dalam memperoleh hasil efektivitas akan dilakukan dengan melakukan uji T. Hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) Pembelajaran sejarah di SMA Bukit Asam Tanjung Enim masih membutuhkan model yang inovatif. (2) Model yang dikembangkan mengacu pada pembelajaran sejarah berbasis nilai naskah Gelumpai untuk meningkatkan solidaritas sosial kolaborasi model inkuiri dengan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) dan kelengkapan bahan pembelajaran lainnya dalam menunjang pembelajaran sejarah berbasis nilai naskah Gelumpai. (3) Model pembelajaran sejarah berbasis nilai naskah Gelumpai terbukti efektif meningkatkan prestasi dan sikap solidaritas sosial peserta didik. Peneliti menggunakan kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas kontrol XI IPS 2 dengan SPSS tipe 23 dalam membantu mengetahui efektivitas model pembelajaran dengan nilai signifikansi yang ada pada uji statistik. Uji T nilai prestasi menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,025 sehingga dapat disimpulkan H1 ditermia dan Ho ditolak. Hasil analisis data sikap nilai taraf siginfikansi sebesar 0,000 < 0,025 uji T menyimpulkan H1 ditermia dan Ho ditolak. Hasil dari uji T bisa menyimpulkan terdapat pengaruh perubahan peningkatan sebelum dan sesudah pelaksanaan model pembelajaran. Kata kunci : Pembelajaran sejarah; naskah Gelumpai; solidaritas sosial; efektivitas model.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Mar 2018 21:31
    Last Modified: 26 Mar 2018 21:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40179

    Actions (login required)

    View Item