EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2016/2017

M W, Khairana Idza (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1237Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Khairanna Idza Mutia Widodo. K1312043 EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2016/2017, Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran manakah yang memberikan hasil belajar lebih baik, model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau model pembelajaran Langsung pada materi bangun ruang sisi datar, (2) manakah yang menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan motivasi belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah pada materi bangun ruang sisi datar, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai hasil belajar lebih baik siswa dengan motivasi belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah pada materi bangun ruang sisi datar, (4) pada masing-masing kategori motivasi belajar matematika, model pembelajaran manakah yang memberikan hasil belajar lebih baik, model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau model pembelajaran Langsung pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2016/2017, Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan kelas eksperimen terdapat 32 siswa dan kelas kontrol terdapat 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksana-kan di SMP Negeri 5 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai UTS Semester I pada mata pelajaran Matematika, metode angket untuk motivasi belajar matematika siswa dan metode tes untuk data hasil belajar Matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran Langsung, (2) Siswa dengan motivasi belajar matematika tinggi mempunyai hasil belajar matematika sama dengan siswa motivasi belajar matematika sedang. Siswa dengan motivasi belajar matematika tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi belajar matematika rendah. Siswa dengan motivasi belajar matematika sedang mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi belajar matematika rendah, (3) pada masing-masing model pembela-jaran, siswa dengan motivasi belajar matematika tinggi mempunyai hasil belajar matematika sama dengan siswa dengan motivasi belajar matematika sedang, siswa dengan motivasi belajar matematika tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi belajar matematika rendah, dan siswa dengan motivasi belajar matematika sedang mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi belajar matematika rendah pada materi bangun ruang sisi datar, (4) Pada setiap kategori motivasi belajar matematika, siswa yang dikenai model pembelajarann kooperatif teknik Make A Match memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Langsung pada materi bangun ruang sisi datar. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match, Motivasi Belajar Matematika, Bangun Ruang Sisi Datar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Mar 2018 21:05
    Last Modified: 26 Mar 2018 21:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40168

    Actions (login required)

    View Item