Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis

NURLITASARI, INTAN (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (493Kb)

    Abstract

    Intan Nurlitasari. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis.Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian posttest only non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kartasura. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan diambil secara acak untuk menentukan kelas control dan kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan melalui non tes dan tes. Uji hipotesis pada penelitian menggunakan uji Anova dibantu dengan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang nyata pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi siswa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Biologi, Kemampuan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Mar 2018 20:22
    Last Modified: 26 Mar 2018 20:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40164

    Actions (login required)

    View Item