EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rachmawati, Indah Wahyu (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (859Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik antara siswa yang diberikan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan pendekatan Scientific atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik, dan (4) pada masing-masing kategori gaya belajar, manakah yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik antara siswa yang diberikan model pembelajaran STAD dengan pendekatan Scientific atau siswa yang diberikan model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu, dengan rancangan faktorial 2 × 3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 192 siswa yang terbagi ke dalam enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, yaitu diambil secara acak dua kelas dari enam kelas yang ada, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 25 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai Ulangan Tengah Semester I pada mata pelajaran matematika, metode tes untuk data prestasi belajar siswa pada materi bentuk aljabar, dan metode angket untuk data gaya belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Persyaratan analisis dalam penelitian ini adalah populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran STAD dengan pendekatan Scientific menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung pada materi bentuk aljabar, (2) siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki prestasi belajar yang sama pada materi bentuk aljabar, (3) pada model pembelajaran STAD dengan pendekatan Scientific, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa dengan gaya belajar auditorial, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya belajar kinestetik, dan siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa dengan gaya belajar kinestetik, sedangkan pada model pembelajaran langsung, siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki prestasi belajar yang sama pada materi bentuk aljabar, dan (4) siswa dengan gaya belajar visual yang diberikan model pembelajaran STAD dengan pendekatan Scientific memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran langsung, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial yang diberikan model pembelajaran STAD dengan pendekatan Scientific memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberikan model pembelajaran langsung, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik yang diberikan model pembelajaran STAD dengan pendekatan Scientific memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberikan model pembelajaran langsung pada materi bentuk aljabar. Kata kunci : STAD, pendekatan scientific, gaya belajar, bentuk aljabar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Mar 2018 20:19
    Last Modified: 26 Mar 2018 20:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40163

    Actions (login required)

    View Item