Politik Hukum Pertambangan Mineral dan Batubara Setelah BerlakuUndang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

ENNANDRIANITA, FINE (2018) Politik Hukum Pertambangan Mineral dan Batubara Setelah BerlakuUndang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (584Kb)

    Abstract

    Tulisan ini membahas politik hukum pertambangan mineral dan batubara serta kewenangan pemerintah dalam mengelola sumber daya alam pertambangan mineral dan batubara. Pertambangan mineral dan batubara merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sehingga demi keberlangsungan diperlukan peran pemerintah dalam hal pengelolaan, pembinaan dan pengawasan. Perubahan besar terjadi sejak diberlakukan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengatur mengenai pembagian urusan pemerintahan. Keberadaan Undang-Undang tersebut membuat kewenangan pengelolaan pertambangan mineral dan batubara di Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota menjadi hapus. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat preskiptif dengan pendekatan undang-undang dan pendekatan konseptual. Teknik pengumpulan bahan hukum studi pustaka dan teknik analisis bahan hukum metode deduksi. Hasil tulisan ini menyimpulkan adanya disharmonisasi antara peraturan perundangan sektoral dengan UU Pemda 2014 dan adanya konsekuensi hukum terhadap pemberlakuan UU Pemda berupa (i) perubahan kelembagaan; (ii) serah terima personil, pendanaan , sarana dan prasarana, dan dokumen (P3D); (iii) perubahan peraturan perundang-undangan. Kata kunci: Politik Hukum, Pertambangan Mineral dan Batubara, Pemerintahan Daerah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Ilmu Hukum - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Mar 2018 20:10
    Last Modified: 26 Mar 2018 20:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40159

    Actions (login required)

    View Item