PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN INSTALASI LAN DI SMK NEGERI 1 SAWIT

P, DIMAS SINGGIH (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN INSTALASI LAN DI SMK NEGERI 1 SAWIT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1116Kb)

    Abstract

    Dimas Singgih Pamungkas, K3512015. PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN INSTALASI LAN DI SMK NEGERI 1 SAWIT. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2017. Minat belajar seorang siswa dan fasilitas laboratorium komputer merupakan sebuah sinergi yang penting terhadap prestasi belajar. Siswa banyak yang kurang aktif serta fasilitas laboratorium komputer yang kurang memadai untuk berlangsungnya pembelajaran menjadi kendala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) minat belajar terhadap prestasi belajar; (2) fasilitas laboratorium komputer terhadap prestasi belajar; (3) minat belajar dan fasilitas laboratorium komputer secara bersama-sama terhadap prestasi. Dalam penelitian ini, populasi berjumlah 60 siswa Teknik Komputer dan Jaringan kelas XI, dengan teknik simple random sampling sebanyak 53 siswa digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode ex - post facto kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi dengan uji regresi tunggal dan uji regresi berganda untuk pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, variabel minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar nilai koefisien ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,281. Kedua, variabel fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan R2 sebesar 0,134. Ketiga, variabel minat belajar dan fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan hasil analisis regresi ganda nilai r = 0,600 dan Fhitung>Ftabel (14,081>3,18). Variabel minat belajar merupakan variabel paling signifikan dalam mempengaruhi prestasi belajar. Kata kunci : minat belajar, fasilitas laboratorium komputer, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Mar 2018 19:42
    Last Modified: 26 Mar 2018 19:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40153

    Actions (login required)

    View Item