PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK JURUSAN PEMASARAN SMKN SE-SURAKARTA

SARI, DEWI TINJUNG (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK JURUSAN PEMASARAN SMKN SE-SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (326Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI Jurusan Pemasaran pada materi Prinsip-Prinsip Bisnis di SMK Negeri se-Surakarta melalui penerapan model Problem Based Learning berbasis scientific approach dengan mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI PM1 di SMKN 1 Surakarta berjumlah 31 peserta didik, kelas XI PM2 di SMKN 3 Surakarta berjumlah 33 peserta didik dan kelas XI PM2 di SMKN 6 Surakarta berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah tipe converagen parallel mixed method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning berbasis scientific approach dengan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik di SMKN se-Surakarta Jurusan Pemasaran. Hal ini ditandai dengan peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siklus I di SMKN 1 Surakarta untuk segi aspek indikator 71,61%, segi individu 64,52% dan rata-rata hasil belajar 72,99 (ketuntasan = 64,52%). Siklus II kemampuan berpikir kritis meningkat untuk segi aspek indikator 81,94%, segi individu 80,65% dan rata-rata hasil belajar 81,83 (ketuntasan = 87,09%; peningkatan = 22,57%). Hasil kemampuan berpikir kritis siklus I di SMKN 3 Surakarta juga mengalami peningkatan untuk segi aspek indikator 66,06%, segi individu 60,61% dan rata-rata hasil belajar 71 (ketuntasan = 60,61%). Pada siklus II kemampuan berpikir kritis meningkat untuk segi aspek indikator 80%, segi individu 78,79% dan rata-rata hasil belajar 79,18 (ketuntasan = 84,85%; peningkatan = 24,24%). Sementara peningkatan kemampuan berpikir kritis di SMKN 6 Surakarta siklus I untuk segi aspek indikator 73,55%, segi individu 70,97% dan rata-rata hasil belajar 76,58 (ketuntasan = 70,96%). Siklus II kemampuan berpikir ktitis meningkat untuk segi aspek indikator 85,16%, segi individu 83,87% dan rata-rata hasil belajar 85,15 (ketuntasan = 97,77%; peningkatan = 26,81%). Simpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning berbasis scientific approach dengan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik di SMKN se-Surakarta Jurusan Pemasaran.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Mar 2018 19:29
    Last Modified: 26 Mar 2018 19:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40151

    Actions (login required)

    View Item