PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

RIANTO, BUDI (2018) PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (122Kb)

    Abstract

    ABSTRAK BUDI RIANTO. S831402015. “Pembelajaran Kimia dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Metode Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Motivasi Beprestasi Siswa (Studi Kasus pada Pembelajaran Stoikiometri untuk Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015 SMA Negeri 1 Ayah Kabupaten Kebumen. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Pembimbing: 1) Dr. Mohammad Masykuri, M.Si 2) Dr. rer.nat. Sri Mulyani M.Pd., Surakarta 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode pembelajaran problem solving dan problem posing, perbedaan pengaruh kemampuan matematika, dan perbedaan pengaruh motivasi berprestasi siswa serta interaksi-interaksinya terhadap prestasi belajar kognitif kimia siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ayah Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2014/2015, Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas. Metode pembelajaran pada kelas eksperimen 1 yaitu kelas X.1 menggunakan metode problem solving dan pada kelas eksperimen 2 adalah kelas X.2 menggunakan metode problem posing. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk data prestasi belajar dan data kemampuan matematika, angket untuk data motivasi berprestasi siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dengan desain faktorial 2x2x2 dengan mengunakan program SPSS 18. Dari hasil olah data disimpulkan: 1) Tidak ada perbedaan rata-rata prestasi kognitif siswa yang diperlakukan dengan metode pembelajaran problem solving dan problem posing. 2) Tidak ada perbedaan pengaruh kemampuan matematika tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa. 3) Tidak ada perbedaan pengaruh antara motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa. 4) Tidak ada interaksi antara metode problem solving dan problem posing dengan kemampuan matematika tinggi dengan kemampuan matematika rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa. 5) Tidak ada interaksi antara metode problem solving dan problem posing dengan motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa. 6) Tidak ada interaksi antara kemampuan matematika tinggi dan rendah dengan motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa 7) Ada interaksi antara pembelajaran menggunakan metode problem solving dan problem posing dengan kemampuan matematika dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Ada pengaruh secara bersama-sama antara kemampuan matematika dan motivasi berprestasi sekaligus metode pembelajaran yang digunakan terhadap prestasi belajar kognitif siswa untuk materi stoikiometri. Kata kunci: Problem solving, Problem posing, Kemampuan Matematika, Motivasi berprestasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Mar 2018 19:14
    Last Modified: 26 Mar 2018 19:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40147

    Actions (login required)

    View Item