Evaluasi Implementasi SNI 12-0800-2014 dengan Pendekatan FACTS (Framework for Analysis, Comparison and Testing of Standard)

Budiningtyas, Ariani (2018) Evaluasi Implementasi SNI 12-0800-2014 dengan Pendekatan FACTS (Framework for Analysis, Comparison and Testing of Standard). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (168Kb)

    Abstract

    Seiring perkembangan zaman, kemajuan industri manufaktur di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, termasuk industri meja tenis meja. Meja tenis meja merupakan salah satu peralatan yang digunakan dalam permainan tenis meja. Untuk industri meja tenis meja di Indonesia terdiri dari produsen meja tenis meja pabrikan, produsen meja tenis meja assembly dan supplier meja tenis meja. Produk meja tenis meja yang disediakan oleh pemanufaktur berasal dari dalam dan luar negeri. Setiap produsen menghasilkan kualitas produk meja tenis meja yang berbeda-beda. Bukti pemenuhan kualitas suatu produk adalah dengan dipenuhinya standar suatu produk. Standar nasional yang mengatur produk meja tenis meja adalah SNI 12-0800-2014 dan standar internasional yang mengatur produk meja tenis meja adalah International Table Tennis Federation Standard. Dalam penelitian ini dilakukan studi awal mengenai kedua standar produk meja tenis meja, dan didapatkan bahwa terdapat perbedaan persyaratan dalam standar nasional dengan standar internasional. Perbedaan tersebut yaitu uji kandungan formalin, uji cahaya dan kilap, uji sistem penguncian meja dan penandaan jarak antar marking, dimana pengujian tersebut belum diatur dalam SNI. Penelitian ini berkaitan dengan kaji ulang Standar Nasional Indonesia (SNI) khususnya produk meja tenis meja. Penelitian ini menggunakan metode FACTS (framework for the analysis, comparison, and testing standards) untuk melakukan kaji ulang Standar Nasional Indonesia (SNI) meja tenis meja. Terdapat tiga tahap dalam metodologi ini yaitu analisis, perbandingan standar dan pengujian standar. Analisis dalam pendekatan FACTS berisi tentang persepsi stakeholder mengenai persyaratan dan pengujian yang perlu diatur dalam standar meja tenis meja, sehingga sejalan dengan prinsip konsensus perumusan standar yang memperhatikan kemampuan stakeholder. Luaran penelitian ini yaitu rekomendasi persyaratan yang perlu diatur dalam standar meja tenis meja yang telah disepakati oleh stakeholder yang akan menjadi inputan untuk proses kaji ulang standar yang akan disampaikan kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 23 Mar 2018 12:43
    Last Modified: 23 Mar 2018 12:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40112

    Actions (login required)

    View Item