PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STRATEGI PEMASARAN SISWA SMK NEGERI 1 BANYUDONO

PRATIWI, WURI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STRATEGI PEMASARAN SISWA SMK NEGERI 1 BANYUDONO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (778Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wuri Pratiwi K7413179. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Strategi Pemasaran Siswa SMK Negeri 1 Banyudono. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar siswa kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Banyudono antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran strategi pemasaran; (2) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran strategi pemasaran di SMK N 1 Banyudono setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa SMK Negeri 1 Banyudono. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sebanyak 32 siswa kelas X Pemasaran 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan treatment model problem based learning dan 31 siswa kelas X Pemasaran 2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, penilaian ketrampilan, dan peniaian sikap untuk data hasil belajar strategi pemasaran, serta dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian uji beda (Independent Samples Test dan Paired Samples Test) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan software SPSS 23. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar strategi pemasaran antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung = 4,732 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar strategi pemasaran pada siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning (Sig = 0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, strategi pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 23 Mar 2018 11:46
    Last Modified: 23 Mar 2018 11:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40098

    Actions (login required)

    View Item