PERAN LABORATORIUM PENJUALAN DALAM MENUNJANG KESIAPAN SISWA MELAKSANAKAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (Studi Pada Siswa Kelas III Program Keahlian Penjualan SMK Bhinneka Karya I Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010)

WARDANI, TYAS KUSUMA (2010) PERAN LABORATORIUM PENJUALAN DALAM MENUNJANG KESIAPAN SISWA MELAKSANAKAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (Studi Pada Siswa Kelas III Program Keahlian Penjualan SMK Bhinneka Karya I Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (555Kb)

    Abstract

    Tyas Kusuma Wardani. Peran Laboratorium Penjualan Dalam Menunjang Kesiapan Siswa Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (Studi Pada Siswa Kelas III Program Keahlian Penjualan SMK Bhinneka Karya I Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Pebruari 2010. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan praktek di Laboratorium Penjualan dalam upaya mempersiapkan siswa melaksanakan PKL (2) Mengetahui bagaimana peran Laboratorium Penjualan dalam menunjang kesiapan siswa SMK Bhnineka Karya I Boyolali melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di dunia usaha dan dunia industri (3) Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan dan mengetahui bagaimana upaya sekolah dalam mengatasi kendala tesebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang berbentuk studi kasus tunggal terpancang yang memfokuskan pada Peran Laboratorium Penjualan Dalam Menunjang Kesiapan Siswa Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Sumber data penelitian ini berupa informan, lokasi dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling atau teknik bola salju. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data dengan teknik trianggulasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan praktek di laboratorium Panjualan meliputi beberapa aspek: a) Waktu Pelaksanaan, Praktek dilaksanaan selama dua semester pada saat siswa kelas dua; b) Materi Kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Industri; c) Pembimbingan dilaksanakan oleh guru yang diberikan tugas khusus sebagai pengelola Minimarket; d) Evaluasi dilaksanakan dua kali dalam satu tahun dan aspek yang dinilai adalah aspek teknis dan non teknis. (2) Laboratorium penjualan kurang berperan secara maksimal dalam menunjang kesiapan sisw melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Hal tersebut disebabkan karena masi minimnya fasilitas yang tersedia di laboratorium tersebut. (3) Kendala dalam pelaksanaan PKL antara lain: a) Sikap mental siswa yang kurang berani bertany kepada instruktur PKL; b) Pembimbingan dari pihak sekolah kurang maksimal; c Siswa masih kesulitan dalam hal penggunaan komputer kasir. (4) Upaya sekola dalam mengatasi kendala tersebut antara lain: a) Memberikan pembekalan kepad siswa; b) Membuat jadwal kunjungan; c) Memberikan pelatihan komputer kasir.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 14 Jul 2013 21:19
    Last Modified: 14 Jul 2013 21:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4009

    Actions (login required)

    View Item