PENGEMBANGAN PETA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLANASI SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI SURAKARTA

SARI, MONIKA (2018) PENGEMBANGAN PETA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLANASI SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (133Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis dan mendeskripsikan media yang digunakan saat ini serta bagaimana bentuk kebutuhan terhadap media di SMA Negeri Surakarta; 2) mendesain pengembangan peta digital di SMA Negeri Surakarta; 3) mengetahui efektivitas peta digital untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah siswa di SMA Negeri Surakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Surakarta , SMA Negeri 2 Surakarta dan SMA Negeri 5 Surakarta. SMA Negeri 1 Surakarta kelas XI dijadikan sebagai sekolah untuk uji coba produk, SMA Negeri 2 Surakarta kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan SMA Negeri 5 Kelas XI MIPA 3 dijadikan sebagai kelas kontrol. Penelitian pengembangan peta digital ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1) analisis (analyze) berisi analisis data studi pendahuluan di lapangan, studi literatur dan analisis kebutuhan guru dan siswa; 2) rancangan (design) pada tahap ini berisi pengumpulan komponen peta berupa bahan dan materi, penentuan format, dan mendesain ilustrasi peta dan animasi; 3) pengembangan (development) berisi proses validasi materi dan media serta uji coba produk; 4) implementasi (implement) penggunaan di lapangan dengan tujuan untuk melihat adaptasi penggunaan produk, 5) evaluasi (evaluation) berisi uji efektivitas produk terhadap tingkat kemampuan eksplanasi sejarah siswa. Analisis data yang digunakan selama studi pendahuluan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis kelayakan peta digital berdasarkan skor kriteria skala Likert, dan analisis uji efektivitas tes tingkat kemampuan eksplanasi sejarah melalui t-test statistic. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) penggunaan media peta saat ini masih bersifat konvensional oleh sebab itu dibutuhkan media berupa peta digital yang disesuaikan dengan perkembangan Information and Communication Technology (ICT); 2) desain pengembangan peta digital menggunakan program Microsoft Office Power Point, peta digital termasuk dalam kategori baik ditinjau dari kelayakan kualitas dan materi melalui tahapan analisis validasi ahli dan uji coba di SMA Negeri Surakarta aspek yang dinilai yakni berupa aspek pembelajaran, desain teknis dan format tampilan yang terdapat pada peta digital tersebut; 3) peta digital efektif meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri Surakarta dengan membandingkan hasil post-test kemampuan eksplanasi sejarah siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh nilai rerata post-test kemampuan eksplanasi sejarah siswa kelas eksperimen 85,88 dan kelas kontrol 80,31 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 dari uji t yang berarti bahwa kemampuan eksplanasi sejarah siswa kelas ekperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yakni kelas ekperimen mempunyai rerata yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol, sehingga penggunaan peta digital efektif untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah. Kata kunci : pengembangan media pembelajaran, peta digital, eksplanasi sejarah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 22 Mar 2018 12:07
    Last Modified: 22 Mar 2018 12:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40077

    Actions (login required)

    View Item