ANALISIS PENGARUH PEMASANGAN TURBO CYCLONE DAN MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR KARBURATOR

Kurniawan, Dedi (2018) ANALISIS PENGARUH PEMASANGAN TURBO CYCLONE DAN MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR KARBURATOR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (635Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dedi Kurniawan. K2513014. ANALISIS PENGARUH PEMASANGAN TURBO CYCLONE DAN MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR KARBURATOR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) pengaruh pemasangan turbo cyclone terhadap emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor karburator; (2) pengaruh modifikasi intake manifold terhadap emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor karburator; (3) pengaruh pemasangan turbo cyclone dan modifikasi intake manifold terhadap emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor karburator. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor karburator. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah Yamaha Byson 150 CC tahun 2012 . Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin JPTK FKIP UNS Surakarta dengan alamat di Jln. Ahmad Yani No. 200 Kartasura Telp. (0271)718419 Fax. (0271)729928 dengan menggunakan gas analyzer type STARGAS 898. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) pada kondisi standar, tingkat emisi gas CO yaitu 1,603% dan tingkat emisi gas HC yaitu 142 ppm. Pada pemasangan free vane turbo cyclone, tingkat emisi gas CO yaitu 0,818% dan tingkat emisi gas HC yaitu 75 ppm, sehingga penurunan tingkat emisi gas CO sebesar 49% dan emisi gas HC sebesar 47%. Sementara pada pemasangan fixed vane turbo cyclone, tingkat emisi gas CO adalah 1,536% dan tingkat emisi gas HC adalah 82,67 ppm,sehingga penurunan tingkat emisi gas CO sebesar 4% dan emisi HC sebesar 42%. (2) Pada penggunaan intake manifold modifikasi (swirl) tingkat emisi gas Co adalah 1,523% dan tingkat emisi gas HC adalah 108 ppm, sehingga penurunan tingkat emisi gas CO sebesar 5% dan emisi gas HC sebesar 24%. (3) pada pemasangan fixed vane turbo cyclone dan swirl, tingkat emisi CO adalah 1,391% dan tingkat emisi gas HC adalah 81 ppm, sehingga penurunan tingkat emisi gas CO sebesar 13% dan tingkat emisi gas HC sebesar 43%. Sementara pada pemasangan free vane turbo cyclone dan swirl, tingkat emisi gas CO adalah 1,328% dan tingkat emisi gas H adalah 80 ppm, sehingga penurunan tingkat emisi gas Co sebesar 17% dan tingkat emisi gas HC sebesar 44%. Kata Kunci : emisi gas buang CO dan HC, turbo cyclone, modifikasi intake manifold

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 22 Mar 2018 11:14
    Last Modified: 22 Mar 2018 11:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40063

    Actions (login required)

    View Item