PENGGUNAAN METODE BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS MEMBACA HANYU PINYIN PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS 2 SD KRISTEN PELITA NUSANTARA KASIH SURAKARTA

KENC, BETTA INDONESIA (2018) PENGGUNAAN METODE BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS MEMBACA HANYU PINYIN PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS 2 SD KRISTEN PELITA NUSANTARA KASIH SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1658Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan sulitnya siswa kelas 2 SD Pelita Nusantara Kasih Surakarta membaca Hanzi, karena terbiasanya siswa hanya membaca Hanyu Pinyin. Penulis menerapkan metode belajar kelompok untuk membantu siswa dalam membaca teks bacaan dengan Hanyu Pinyin. Tujuan penelitian ini adalah melalui Metode Belajar Kelompok dapat meningkatkan efektivitas siswa dalam membaca Hanyu Pinyin dengan benar, pada pembelajaran bahasa Mandarin memudahkan siswa memahami teks bacaan menggunakan Hanyu Pinyin. Mengetahui hambatan dan kesulitan apa saja yang dialami siswa saat membaca dengan Hanyu Pinyin serta solusinya. Penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan studi pustaka dengan memanfaatkan buku-buku di perpustakaan. Berdasarkan penelitian di kelas 2 SD Kristen Pelita Nusantara Kasih, penulis dapat menyimpulkan bahwa Metode Belajar Kelompok dapat meningkatkan efektivitas membaca Hanyu Pinyin siswa maupun keaktifan siswa pada pembelajaran Bahasa Mandarin. Ini disebabkan karena mudah diterimanya pembelajaran menggunakan Hanyu Pinyin bagi siswa-siswa kelas 2 SD. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan cepatnya siswa memahami pembelajaran terutama dalam membaca maupun mengerjakan soal-soal dengan menggunakan Hanyu Pinyin.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 22 Mar 2018 11:02
    Last Modified: 22 Mar 2018 11:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40060

    Actions (login required)

    View Item