ANALISIS PENGARUH KARAKTER DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI EMPIRIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA PERIODE 2013-2015

PALGUNADI, SATRYO EKA (2018) ANALISIS PENGARUH KARAKTER DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI EMPIRIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA PERIODE 2013-2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (464Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS PENGARUH KARAKTER PERUSAHAAN DAN GOOD COROPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris atas Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di Indonesia Periode 2013-2015) Oleh: Satryo Eka Palgunadi F1315088 Tax avoidance merupakan penghindaran pajak yang memanfaatkan celah yang terdapat dalam peraturan perpajakan yang bersifat legal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh return on assets (ROA), ukuran perusahaan, komisaris independen, kepemilikan insitusional, dan kompetensi ekstekutif terhadap tax avoidance. Pengukuran untuk mengukur tax avoidance adalah Current Effective Tax Rate (CurETR). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah dengan metode nonprobability sampling yaitu Teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 87 sampel penelitian selama 3 periode. Data penelitian dianalisa dengan analisis regresi panel dengan eviews 8. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tax avoidance (2) return on asset (ROA) berpengaruh negatif terhadap tax avoidance (3) kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap tax avoidance (4) komisaris independen berpengaruh positif terhadap tax avoidance (5) kompetensi eksekutif tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Kata kunci: ukuran perusahaan, return on asset (ROA), kepemilikan institusional, komisaris independen, kompetensi eksekutif, tax avoidance.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Mar 2018 11:25
    Last Modified: 21 Mar 2018 11:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40050

    Actions (login required)

    View Item