Analisis Biaya pada Konstruksi Perkerasan Kaku di Ruas Jalan HOS Cokroaminoto Kabupaten Sragen Menggunakan Software RealCost 2.5

PRABOWO, RHEZA IMAM (2018) Analisis Biaya pada Konstruksi Perkerasan Kaku di Ruas Jalan HOS Cokroaminoto Kabupaten Sragen Menggunakan Software RealCost 2.5. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (465Kb)

    Abstract

    Kebutuhan akan infrastruktur jalan yang dapat bertahan lama (durable) menuntut pemerintah selaku pemilik dan pengelola jalan, menyediakan dana yang sesuai. Permasalahan yang terjadi adalah kemampuan pemerintah terlebih pemerintah daerah untuk menyediakan dana pembangunan infrastruktur jalan bisa dikatakan jauh dari kata cukup. Konstruksi infrastruktur, perkerasan kaku yang akan dikaji dalam penelitian ini karena durabilitasnya yang lebih baik daripada perkerasan lentur, memerlukan biaya dan sumber daya yang lebih besar daripada perkerasan lentur. Kondisi ini memaksa pemerintah untuk melakukan efisiensi dan secara cermat mengambil kebijakan pelaksanaan konstruksi infrastruktur jalan yang paling ekonomis. Untuk menanggapi permasalahan tersebut, salah satu teknik manajemen yang dapat dipakai adalah Metode Life Cycle Cost Analysis (LCCA). Metode LCCA digunakan untuk mengidentifikasi dan memonitor biaya produk selama siklus hidup produk tersebut. Penelitian ini merencanakan desain tebal perkerasan kaku dengan metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) Tahun 2012, kemudian menganalisis biaya konstruksi perkerasan tersebut, dan menganalisis biaya perkerasan tersebut menggunakan metode LCCA berdasarkan input data pada program RealCost 2.5. Dalam analisis biaya menggunakan metode LCCA diperlukan perencanaan alternatif desain sebagai pembanding terhadap desain eksisting yang sudah dirancang dengan umur rencana 10 tahun. Peneliti merencanakan 2 alternatif desain konstruksi dengan umur rencana 20 tahun untuk Alternatif I dan 40 tahun untuk Alternatif II, dengan periode perhitungan 40 tahun. Dari 3 desain tersebut didapatkan nilai Agency Cost dan User Cost yang paling ekonomis pada Alternatif II. Hal ini dikarenakan Desain Eksisting dan Desain Alternatif I dilaksanakan pekerjaan overlay pada perkerasan kaku setelah umur layannya terlampaui sampai dengan 40 tahun. Penyebab lain adalah karena besarnya nilai user cost akibat pekerjaan overlay tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Mar 2018 11:22
    Last Modified: 21 Mar 2018 11:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40049

    Actions (login required)

    View Item