PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR FLEXIILITY DAN ELABORATION SISWA KELAS XII MIPA 1 MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN X SURAKARTA

M, NAWASASI LAKSMITA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR FLEXIILITY DAN ELABORATION SISWA KELAS XII MIPA 1 MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN X SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1303Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan skor kemampuan berpikir flexibility dan elaboration dengan penerapan Problem Based Learning pada siswa kelas XII MIPA 1 SMAN X di Surakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan penerapan PBL. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 yang berjumlah 30 orang. Sumber data primer diperoleh dari hasil tes kemampuan berpikir flexibility dan elaboration yang dilaksanakan setiap akhir tindakan penelitian serta lembar observasi sikap berpikir flexibility dan elaboration siswa pada saat pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata rata kelas kemampuan flexibility menjadi 42,05% dan kemampuan berpikir elaboration menjadi 47% setelah diterapkan PBL.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Mar 2018 10:56
    Last Modified: 21 Mar 2018 10:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40036

    Actions (login required)

    View Item