Studi Eksperimental Pengaruh Penambahan Splitter pada Sisi Luar Impeller Pompa terhadap Unjuk Kerja Pompa Sentrifugal Grundfos NS Basic 13-18

Kurniawan, Krisna Eka (2018) Studi Eksperimental Pengaruh Penambahan Splitter pada Sisi Luar Impeller Pompa terhadap Unjuk Kerja Pompa Sentrifugal Grundfos NS Basic 13-18. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (350Kb)

    Abstract

    Pompa sentrifugal merupakan salah satu jenis pompa yang paling banyak digunakan dalam dunia industri. Seiring berkembangnya zaman, pompa sentrifugal dituntut untuk memiliki desain yang lebih compact serta memiliki unjuk kerja yang maksimal. Unjuk kerja pompa sentrifugal dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah impeller. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan unjuk kerja pompa sentrifugal adalah dengan melakukan desain ulang pada impeller. Desain ulang pada impeller dilakukan dengan memberikan sudu tambahan atau splitter diantara sudu yang sudah ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan splitter pada sisi luar impeller pompa sentrifugal terhadap unjuk kerja pompa sentrifugal merk Grundfos NS Basic 13-18. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga variasi panjang splitter yaitu 0,25; 0,375; dan 0,5 dari panjang sudu asli. Kecepatan putar maksimum impeller adalah 2800 RPM dan air dengan suhu 25ºC digunakan sebagai fluida kerja. Hasil penelitian menunjukkan penambahan splitter sepanjang 0,5 dari panjang sudu asli pada sisi luar impeller pompa sentrifugal mampu menghasilkan peningkatan nilai head terbaik dibandingkan dengan variasi splitter yang lain yaitu sebesar 19,27 m dengan efisiensi terbaik sebesar 48,89%. Perpindahan panas yang terjadi pada pompa serta gesekan yang terjadi pada aliran fluida diabaikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Mar 2018 10:42
    Last Modified: 21 Mar 2018 10:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40032

    Actions (login required)

    View Item