PENGARUH PERBEDAAN BENTUK TES DALAM EVALUASI HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA

Nafah , Isti (2010) PENGARUH PERBEDAAN BENTUK TES DALAM EVALUASI HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1521Kb)

    Abstract

    Isti Nafah. Pengaruh Perbedaan Bentuk Tes Dalam Evaluasi Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Bahasa Indonesia. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya: (1) Perbedaan pengaruh antara penggunaan bentuk tes esai dan pilihan ganda terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep Gerak Lurus, (2) Perbedaan pengaruh antara kemampuan Bahasa Indonesia kategori tinggi dan kategori rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep Gerak Lurus, (3) Interaksi pengaruh antara penggunaan bentuk tes esai dan pilihan ganda serta kemampuan Bahasa Indonesia terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep Gerak Lurus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pemalang pada tahun ajaran 2008/2009. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Jumlah masingmasing kelas adalah untuk kelas eksperimen sebanyak 39 siswa, sedangkan untuk kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan awal siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, serta untuk mengetahui nilai kemampuan Bahasa Indonesia siswa. Teknik tes dilakukan untuk mendapatkan nilai kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan Gerak Lurus. Teknik analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan bentuk tes esai dan pilihan ganda terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan Gerak Lurus 991 , 3 029 , 163 67 ; 1 ; 05 , 0 F Fa . Dari uji komparasi ganda diperoleh hasil bahwa penggunaan bentuk tes pilihan ganda dalam evaluasi hasil belajar Fisika siswa lebih efektif bila dibandingkan dengan penggunaan bentuk tes esai terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Gerak Lurus. (2) Ada perbedaan pengaruh antara kemampuan Bahasa Indonesia siswa kategori tinggi dan kategori rendah terhadap kemampuan kognitif siswa. 3,991 089 , 14 67 ; 1 ; 05 , 0 F Fb . Dari uji komparasi ganda diperoleh hasil bahwa siswa yang mempunyai kemampuan bahasa Indonesia kategori tinggi mempunyai kemampuan kognitif lebih baik dari pada siswa yang mempunyai kemampuan Bahasa Indonesia rendah. (3) Tidak ada interaksi pengaruh antara penggunaan bentuk tes esai dan pilihan ganda dengan nilai kemampuan Bahasa Indonesia terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan Gerak Lurus. 3,991 102 , 3 67 ; 1 ; 05 , 0 F Fab . Jadi, penggunaan bentuk tes esai dan pilihan ganda dan kemampuan Bahasa Indonesia mempunyai pengaruh sendiri-sendiri terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan Gerak Lurus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 21:17
    Last Modified: 14 Jul 2013 21:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4003

    Actions (login required)

    View Item