STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Anak Penyandang Tunanetra dalam Membentuk Kemandirian dan Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah LB/A Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Yogyakarta)

Trilidarsa, Sudiya (2018) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Anak Penyandang Tunanetra dalam Membentuk Kemandirian dan Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah LB/A Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (164Kb)

    Abstract

    ABSTRAK SUDIYA TRILIDARSA, D0213090, STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Anak Penyandang Tunanetra dalam Membentuk Kemandirian dan Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah LB/A Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Yogyakarta), Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2017. Mengajar siswa tuna netra adalah sebuah tantangan, terutama bila para guru memiliki kondisi terbatas yang sama. Mereka berdua harus mengatasi kesulitan mereka dalam proses belajar mengajar. Guru harus memiliki keterampilan komunikasi interpersonal sebagai strategi efektif untuk mengajar mereka, diantaranya yang penting adalah membentuk kemandirian dan penanaman nilai Islam. Penelitian ini dilakukan di MTs LB/A Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Yogyakarta yang merupakan sekolah khusus tunanetra. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal guru terhadap anak penyandang tunanetra dalam membentuk kemandirian dan penanaman nilai Islam. Teori yang digunakan adalah teori sensitivitas yang ditinjau dari sudut pandang humanistik yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penarikan sampel dilakukan peneliti menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan merupakan wawancara dengan teknik indepth interview yang telah dituangkan dalam bentuk transkip. Indepth interview tersebut melibatkan tiga orang guru penyandang tunanetra yang sesuai dengan fokus penelitian. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh guru penyandang tunanetra kepada anak penyandang tunanetra adalah dengan keterampilan dalam berkomunikasi dan ilmu teknologi dalam penggunaan perangkat teknologi serta penggunaan lima kualitas umum komunikasi interpersonal. Dalam penerapan strategi komunikasi interpersonal tersebut, ditemukan kendala kendala yang dirasakan oleh guru yakni keterbatasan pada penglihatan membuat guru harus mengulang-ulang materi pembelajaran, serta kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah untuk menunjang keberhasilan pembelajaran kepada anak penyandang tunanetra. Kata Kunci: strategi, komunikasi interpersonal, guru dan anak berkebutuhan khusus

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 21 Mar 2018 10:19
    Last Modified: 21 Mar 2018 10:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40024

    Actions (login required)

    View Item