PENYUSUNAN PAKET WISATA BERDASARKAN MOTIVASI WISATAWAN DI CV. WILIS PESONA WISATA KARANGANYAR

PRABOWO, SINGGIH (2018) PENYUSUNAN PAKET WISATA BERDASARKAN MOTIVASI WISATAWAN DI CV. WILIS PESONA WISATA KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (796Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Singgih Prabowo, C9414050. 2017. “Penyusunan Paket Wisata Berdasarkan Motiasi Wisatawan di CV Wilis Pesona Wisata”. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Penyusunan Paket Wisata Berdasarkan Motivasi Wisatawan di CV. Wilis Pesona Wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi yang mendorongan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata, faktor yang perlu diperhatikan dalam menyusun paket wisata dan perhitungan paket wisata. Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan motivasi wisatawan dan penyusunan paket wisata. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, study dokumen, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah penyusunan paket wisata berdasarkan motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi interpersonal dan motivasi prestise. Faktor yang diperlukan untuk menyusun paket wisata adalah akomodasi, transportasi, catering, dan objek dan daya tarik wisata. Perhitungan harga paket wisata harus memperhatikan faktor tersebut agar program wisata yang ditawarkan sesuai dengan motivasi wisatawan dan harga yang dapat dijangkau. Paket wisata berdasarkan motivasi wisata di CV. Wilis Pesona Wisata yang terbanyak terjual adalah motivasi fisik dengan fokus aktifitas outbound dan fun games . paket wisata tersebut dikemas dengan ringan dan santai sesuai dengan motivasi wisatawan dan komponen penyusun paket wisata yang telah disesuaikan pula. Terdapat berbagai macam jenis komponen paket wisata yang dapat dimasukan dalam program paket wisata sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Paket wisata dari CV. Wilis Pesona Wisata ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan motivasi masing-masing. Kata Kunci : Motivasi, Paket Wisata, Komponen Penyusun Paket Wisata, Perhitungan Harga

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 21 Mar 2018 10:19
    Last Modified: 21 Mar 2018 10:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40023

    Actions (login required)

    View Item