EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ELICITING ACTIVITIES DITINJAU DARI SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PURWANTORO PADA MATERI SEGIEMPAT

J, PRAPHASTHA (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ELICITING ACTIVITIES DITINJAU DARI SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PURWANTORO PADA MATERI SEGIEMPAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (821Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Praphastha Jayantara. K1313055. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ELICITING ACTIVITIES DITINJAU DARI SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PURWANTORO PADA MATERI SEGIEMPAT. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pembelajaran manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik diantara model Eliciting Activities (MEAs) dan model pembelajaran langsung pada materi segiempat; (2) level sikap siswa terhadap matematika manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik diantara level tinggi, sedang, dan rendah; (3) level sikap siswa terhadap matematika manakah menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik pada masing-masing model pembelajaran; (4) model pembelajaran manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik pada masing-masing level sikap siswa terhadap matematika. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017 yang berada di Kabupaten Wonogiri. Sampel yang terpilih adalah kelas VII B dan VII C dengan teknik sampling random kluster. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, tes, dan angket. Analisis instrumen tes menggunakan validitas isi, analisis butir soal yaitu analisis daya pembeda dan tingkat kesukaran, serta reliabilitas tes. Untuk analisis instrumen angket menggunakan validitas isi, konsistensi internal, dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’ dengan taraf signifikansi 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada materi segiempat ("F" _"A" = 6,346 > "F" _"0,05;1;58" = 4,007). Penggunaan model Eliciting Activities (MEAs) menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi segiempat. (2) terdapat pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa ("F" _"B" = 28,644 > "F" _"0,05;2;58" = 3,156), kemudian dilakukan uji komparasi ganda antar kolom dengan metode Scheffe’. Siswa dengan sikap terhadap matematika level tinggi dan sedang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan sikap terhadap matematika level rendah, dan siswa dengan sikap terhadap matematika level sedang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan sikap terhadap matematika level rendah. (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan level sikap siswa terhadap matematika pada materi segiempat ("F" _"AB" = 1,352 < "F" _"0,05;2;58" = 3,156). Pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan sikap terhadap matematika level tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan sikap terhadap matematika level sedang dan rendah, serta siswa dengan sikap terhadap matematika level sedang memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan sikap terhadap matematika level rendah. (4) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan level sikap siswa terhadap matematika pada materi segiempat ("F" _"AB" = 1,352 < "F" _"0,05;2;58" = 3,156). Pada masing-masing level sikap siswa terhadap matematika, pembelajaran dengan menggunakan model Eliciting Activities (MEAs) menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi segiempat Kata Kunci: model Eliciting Activities (MEAs), model pembelajaran langsung, sikap siswa terhadap matematika, segiempat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 21 Mar 2018 10:03
    Last Modified: 21 Mar 2018 10:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40015

    Actions (login required)

    View Item