Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Dan Pengaruhnya Pada Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi

A, OCTA LIDYA G (2018) Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Dan Pengaruhnya Pada Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (82Kb)

    Abstract

    Peningkatan kualitas pelayanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh industri jasa, khususnya rumah sakit, Dengan meningkatkan mutu pelayanan yang ada, diharapkan akan dapat terciptanya kepuasan pasien yang kemudian dapat membuat pasien menjadi loyal dengan rumah sakit tersebut. Peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menguji secara empiris persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan rawat inap, dan pengaruhnya terhadap loyalitas pasien, dengan kepuasan pasien sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dimana responden diwawancarai dan diminta mengisi kuesioner skala Likert lima poin. Sasaran populasi penelitian adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit dr.Soehadi Prijonegoro Sragen dengan ukuran sampel 160 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahnon-probability sampling dengan metode judgment sampling.Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif, dengan analisis regresi, instrumen uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan software SPSS.Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.Mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan rawat inap berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien, kepuasan pasien berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pasien, dan kepuasan pasien merupakan mediasi parsial dari hubungan kualitas rawat inap dengan loyalitas pasien. Kata Kunci: kualitas pelayanan rawat inap, kepuasan pasien, loyalitas pasien.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 21 Mar 2018 00:57
    Last Modified: 21 Mar 2018 00:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40012

    Actions (login required)

    View Item