Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ayam Kampung Super di CV.Pendawa Kencana Multyfarm Yogyakarta

FEBRYANTO, EXCA (2018) Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ayam Kampung Super di CV.Pendawa Kencana Multyfarm Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (237Kb)

    Abstract

    Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan keuntungan budidaya ayam kampung super, faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan budidaya ayam kampung super, dan merumuskan alternatif strategi pengembangan yang dapat diterapkan dalam budidaya ayam kampung super di CV. Pendawa Kencana Multyfarm Yogyakarta. Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian yaitu CV. Pendawa Kencana Multyfarm Yogyakarta yang merupakan perusahaan agribisnis yang memiliki budidaya ayam kampung super. Analisis data yang digunakan adalah (1) Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), (2) Matiks External Factor Evaluation (EFE), (3) Matriks Internal External (IE), (4) SWOT matriks. Hasil penelitian menunjukkan : Besarnya biaya total yang dikeluarkan adalah sebesar Rp.222.968.800,00. Penerimaan CV.Pendawa Kencana Multyfarm tahun 2016 sebesar Rp.339.080.000,00, dilihat dengan konsep keuntungan, pada tahun 2016 usaha budidaya ayam kampung super di CV. Pendawa Kencana Multyfarm memperoleh keuntungan sebesar Rp.116.111.200,00. Faktor-faktor internal dan eksternal dalam strategi pengembangan usaha budidaya ayam kampung super CV.Pendawa Kencana Multyfarm, Yogyakarta meliputi : .Kekuatan (Strenght) Infrastruktur Usaha memadai, modal usaha tersedia, teknologi budidaya modern, proses produksi yang cepat dan mudah, produk sehat dan gemuk..Kelemahan (Weakness) Tenaga kerja kurang, manajemen kurang diperhatikan. Peluang (Opportunity) Harga jual ayam kampung tinggi, konsumen banyak yang berminat, pemerintah mendukung. Ancaman (Threat) Harga pakan tidak menentu, belum ada teknologi pemasaran modern, peternak ayam broiler lebih banyak. Alternatif strategi yang dapat diterapkan CV.Pendawa Kencana Multyfarm dalam usaha budidaya ayam kampung super dari matriks IE dapat dilihat bahwa keadaan budidaya ayam kampung super CV.Pendawa Kencana Multyfarm strategi yang tepat adalah pada sel IV yaitu tumbuh dan membangun, strategi yang sesuai adalah strategi intensif seperti penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk usaha budidaya ayam Kata kunci: Ayam Kampung Super, Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matiks External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal External (IE), SWOT matriks.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 21 Mar 2018 00:03
    Last Modified: 21 Mar 2018 00:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39994

    Actions (login required)

    View Item