Analisis Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Newman`s Error Analysis Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Penelitian Dilakukan di Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Mursalina, Alifah (2018) Analisis Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Newman`s Error Analysis Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Penelitian Dilakukan di Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (210Kb)

    Abstract

    Alifah Mursalina. ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA (Penelitian dilakukan di Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta dengan gaya kognitif Field Dependent dan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta dengan gaya kognitif Field Independent berdasarkan Newman’s Error Analysis dalam menyelesaikan masalah pada materi himpunan. Metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif merupakan metode dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling. Selain itu, metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa GEFT dan wawancara berbasis tugas. Triangulasi waktu dipilih sebagai teknik uji validitas data pada penelitian ini. Triangulasi waktu dilakukan dengan membandingkan data yang diperoleh saat wawancara berbasis tugas pertama kepada sumber dengan wawancara berbasis tugas kedua. Analisis data hasil jawaban dan wawancara ini didasarkan pada Newman’s Error Analysis (NEA). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan yang dialami siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent pada umumnya sama. Kesulitan menyelesaikan masalah matematika materi himpunan pada siswa dengan gaya kognitif Strongly dan Slightly Field Dependent adalah memahami permasalahan yang diberikan, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat, ketidakmampuan dalam menerjemahkan ke dalam bentuk matematika, dan ketidakmampuan untuk melakukan prosedur matematika yang benar. Kesulitan menyelesaikan masalah matematika materi himpunan pada siswa dengan gaya kognitif Slightly Field Independent adalah memahami permasalahan yang diberikan, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat, ketidakmampuan dalam menerjemahkan ke dalam bentuk matematika, dan ketidakmampuan untuk melakukan prosedur matematika yang benar. Sementara itu, siswa dengan gaya kognitif Strongly Field Independent mengalami kesulitan dalam memahami permasalahan yang diberikan. Kata Kunci: kesulitan, masalah matematika, Analisis Kesalahan Newman, himpunan, gaya kognitif, field dependent, field independent.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 20 Mar 2018 23:53
    Last Modified: 20 Mar 2018 23:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39988

    Actions (login required)

    View Item