PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA/MA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI KARTUN KONSEP UNTUK MEMINIMALKAN MISKONSEPSI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

K, IDHA AYU (2018) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA/MA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI KARTUN KONSEP UNTUK MEMINIMALKAN MISKONSEPSI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1021Kb)

    Abstract

    Idha Ayu Kusumaningrum. 2017. Pengembangan Modul Kimia SMA/MA Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Kartun Konsep untuk Meminimalkan Miskonsepsi pada Materi Larutan Penyangga. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Ashadi. Kopembimbing: Dr.paed. Nurma Y I, M.Si, MSc. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) cara penyusunan produk pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi kartun konsep untuk meminimalkan miskonsepsi pada materi larutan penyangga, 2) kelayakan produk pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi kartun konsep untuk meminimalkan miskonsepsi pada materi larutan penyangga, dan 3) efektivitas produk pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi kartun konsep untuk meminimalkan miskonsepsi pada materi larutan penyangga. Penelitian pengembangan modul Kimia ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi terdiri dari 9 tahap yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan bentuk produk awal (develop preliminary form of product), 4) uji coba kelompok kecil (preliminary field testing), 5) revisi produk awal (main product revision), 6) uji coba kelompok menengah (main field testing), 7) revisi produk utama (operating product revision), 8) uji coba kelompok besar (operational field testing), 9) revisi produk akhir (final product revision). Uji coba kelompok kecil dan menengah dilakukan di SMA N 2 Karanganyar. Uji coba kelompok besar dilakukan di SMA N 1 Karanganyar, SMA N 2 Karanganyar, dan SMA N Colomadu. Analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria. Analisis data serta miskonsepsi menggunakan analisis deskriptif. Analisis efektivitas modul menggunakan uji Independent Samples T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi kartun konsep telah disusun melalui tahap pengembangan model Borg dan Gall, 2) hasil uji coba menunjukan bahwa modul kimia berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi kartun konsep mendapat penilaian dengan kategori “Sangat baik” berdasarkan kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan, sehingga layak digunakan pada proses pembelajaran, 3) modul kimia berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi kartun konsep dinyatakan lebih efektif dalam meminimalkan miskonsepsi berdasarkan hasil analisis uji t dengan rata-rata penurunan miskonsepsi sebesar 71 % untuk siswa SMA N 1 Karanganyar, 56 % untuk siswa SMA N 2 Karanganyar, dan 52 % untuk siswa SMA N Colomadu Kata Kunci: modul, inkuiri terbimbing, kartun konsep, miskonsepsi, larutan penyangga

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Mar 2018 13:47
    Last Modified: 19 Mar 2018 13:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39982

    Actions (login required)

    View Item