PENGEMBANGAN MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS GREEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP SMK N 3 JEPARA

ARIFIANTI, DWI (2018) PENGEMBANGAN MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS GREEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP SMK N 3 JEPARA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1152Kb)

    Abstract

    Dwi Arifianti. 2017. Pengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Green Economy untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI AP SMK N 3 Jepara. TESIS. Pembimbing: Prof. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd. Kopembimbing: Dr. Tri Murwaningsih, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui analisis kebutuhan dalam pengembangan modul prakarya dan kewirausahaan berbasis green economy, (2) menguji kelayakan modul prakarya dan kewirausahaan berbasis green economy, (3) menguji efektifitas modul prakarya dan kewirausahaan berbasis green economy dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian & pengembangan (R&D). Penelitian pengembangan modul prakarya dan kewirausahaan ini mengambil 9 dari 10 tahap pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Analisis data yang digunakan pada pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria dengan menggunkan t-test. Berdasarkan hasil analisis desktiptif dari validator modul prakarya dan kewirausahan berbasis green economy memperoleh hasil yaitu: (1) ahli materi pembelajaran sebesar 86,20 dengan kriteria sangat baik; (2) ahli media sebesar 89,82 dengan kriteria sangat baik; (3) ahli bahasa 100 dengan kriteria sangat baik; (4) ahli praktisi sebesar 93,89 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji efektifitas dengan menggunakan software SPSS 16 dengan rumus t-test, nilai signifikans sebesar 0,000, nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 yang berarti H1 diterima, serta nilai thitung sebesar 6.368 ˃ dari ttabel yaitu 1,992 yang berarti kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih baik dari pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa modul prakarya dan kewirausahaan berbasis green economy efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Pengembangan, modul, green economy, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Mar 2018 13:13
    Last Modified: 19 Mar 2018 13:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39973

    Actions (login required)

    View Item