EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI OPERASI ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 20 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017/2018

KRISTIANA, DIAN (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI OPERASI ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 20 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1159Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dian Kristiana. K1313016. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI OPERASI ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 20 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT atau dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan motivasi belajar tinggi,sedang atau rendah (4) pada masing-masing tingkat motivasi belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TGT atau siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung dalam pembelajaran pada materi operasi aljabar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII D dan VIII E dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang berupa data nilai UAS matematika siswa kelas VII tahun ajaran 2016/2017, metode angket untuk data motivasi belajar siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi operasi aljabar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Kesimpulan dari penelitan ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe TGT memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung,(2) siswa dengan motivasi belajar tinggi memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan motivasi belajar sedang serta siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik dari pada siswa dengan motivasi belajar rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa motivasi belajar sedang, dan siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah, (4) Pada masing-masing tingkat motivasi belajar siswa, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi operasi aljabar. Kata kunci : model TGT, motivasi belajar, operasi aljabar, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Mar 2018 12:55
    Last Modified: 19 Mar 2018 12:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39968

    Actions (login required)

    View Item