PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN ENTREPRENEURSHIP PADA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI

SUGIRI, BAMBANG (2018) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN ENTREPRENEURSHIP PADA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (943Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bambang Sugiri, 2017. Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Keterampilan Entrepreneurship Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing: Prof. Dr. Joko Nurkamto, M. Pd. (Promotor), Dra. Dewi Rochsantiningsih, M. Ed., Ph. D (Co Promotor I), Dr. Sarah Rum Handayani, M. Hum. (Co-Promotor II). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana pengelolaan pelatihan keterampilan entrepreneurship; (2) memperoleh data tentang bagaimana hasil dari pelatihan keterampilan entrepreneurship; dan (3) memperoleh data tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kegiatan pelatihan keterampilan entrepreneurshipbagi pemanfaat Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain naturalistik. Penelitian dilaksanakan di KecamatanBendosari. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif yang meliputi tiga komponen utama, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan kegiatan pelatihan keterampilan entrepreneurship dalam program pemberdayaan perempuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) dapat dikaji dari empat aspek pengelolaan, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi dan monitoring; (2) Hasil yang diperoleh dari adanya kegiatan pelatihan keterampilan entrepreneurship bagi pemanfaat SPP di Kecamatan Bendosari mencakup tujuh aspek. Ketujuh aspek tersebut adalah: (a) munculnya inisiatif; (b) munculnya partisipasi untuk mengikuti kegiatan; (c) kemampuan mengadopsi hasil pemberdayaan; (d) munculnya kemampuan leadership; (e) adanya perubahan pola pikir; (f) meningkatnya taraf kehidupan ekonomi pemanfaat, dan (g) meningkatnya rasa percaya diri pemanfaat; (3) Faktor-faktor pendukung pengelolaan kegiatan pelatihan keterampilan entrepreneurship bagi pemanfaat SPP di Kecamatan Bendosari, Sukoharjo meliputi: (a) motivasi yang tinggi untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan harkat martabat keluarga; (b) dukungan dari Pengurus Unit Pengelola Kegiatan di Kecamatan maupun di Kelurahan; (c) dukungan permodalan; (d) adanya dukungan dan kerjasama antara Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dengan lembaga pemerintahan desa dan lembaga-lembaga lain di tingkat desa/ kelurahan. Adapun faktor penghambat berupa: (a) adanya sikap sebagian masyarakat yang tradisional; (b) masih adanya ketergantungan yang tinggi (dependence); (c) masih adanya rasa kurang percaya diri yang tinggi; (d) hubungan sosial yang kurang optimal; dan (e) faktor sumber daya manusia. Kata kunci: Pelatihan, ketrampilan entrepreneurship, Pemberdayaan perempuan, PNPM Mandiri Perdesaan, Simpan Pinjam Perempuan (SPP)

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Penyuluhan Pembangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Mar 2018 12:39
    Last Modified: 19 Mar 2018 12:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39964

    Actions (login required)

    View Item