PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA SAMIN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SOLIDARITAS PESERTA DIDIK SMK MIGAS CEPU

PUTRA, ARDIAN EKA (2018) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA SAMIN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SOLIDARITAS PESERTA DIDIK SMK MIGAS CEPU. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (930Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ardian Eka Putra. 2017. Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Budaya Samin Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Solidaritas Peserta Didik Smk Migas Cepu. TESIS Pembimbing I: Dr. Djono, M.Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan pembelajaran melalui pengintegrasian nilai-nilai budaya Samin dalam pembelajaran sejarah menjadi alasan penelitian yang berfokus pada: (1) Menganalisis kebutuhan model pembelajaran sejarah yang digunakan di SMK Migas Cepu; (2) Mendeskripsikan pengembangan pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai budaya Samin; (3) Bagaimana efektifitas model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai budaya samin melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah penelitian meliputi lima tahap yang terdiri dari 1) analisis, 2) desain produk, 3) pengembangan produk, 4) implementasi dan 5) evaluasi. Model uji kelayakan dalam penelitian ini menggunakan model skala likert 1 sampai 5 yang dilakukan pada saat tahap pengembangan dan pengujian efektivitas menggunakan independent sample T test dengan menggunakan SPSS 19 pada saat tahap evaluasi (uji evektifitas) . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan angket pada tahap pendahuluan. Berdasarkan dari hasil penelitian diketahui bahwa, (1) ranah kognitif peserta didik tentang nilai-nilai budaya Samin dan sikap solidaritas masih tergolong rendah, karena kurangnya inovasi model pembelajaran yang diterapkan. Sehingga dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan di lapangan. Hasil validasi oleh pakar dijadikan acuan sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun model yang dikembangkan. (2) Pada tahap pengembangan meliputi: desain draf awal, validasi, uji terbatas, revisi, dan uji coba luas. Pengembangan modul berdasarkan KI dan KD serta indikator dalam yang tertuang pada Kurikulum 2013; (3) Pada perhitungan statistik didapatkan hasil rerata post-test prestasi kelas eksperimen sebesar 61,17 sedangkan rerata post-test kelas kontrol sebesar 55,83. Sedangkan untuk uji T diperoleh data sebesar 2,475 dengan taraf signifikansi 0,16 (0,016 < 0,025), maka H0 ditolak. Jika H0 ditolak maka maka terdapat perbedaan rerata prestasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji efektifitas sikap diperoleh hasil sebagai berikut, rerata post-test kelas eksperimen sebesar 107,13 sedangkan rerata kelas kontrol sebesar 103,13. Hasil uji T diperoleh angka sebesar 4,238 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa HI diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kata Kunci: Integrasi, Nilai-Nilai Budaya Samin, Pembelajaran Sejarah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Mar 2018 12:35
    Last Modified: 19 Mar 2018 12:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39963

    Actions (login required)

    View Item