Pengembangan Modul berbasis Dao Jiang Ping (DJP) Model untuk Memberdayakan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Geger pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Manusia

SASMITO, ANGGIT (2018) Pengembangan Modul berbasis Dao Jiang Ping (DJP) Model untuk Memberdayakan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Geger pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Manusia. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1065Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, dan keefektifan produk yang dikembangkan yaitu modul sains berbasis DJP Model untuk memberdayakan kemampuan berkomunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Geger pada pokok bahasan Sistem Ekskresi Manusia. Jenis penelitian adalah Research and Development. Prosedur penelitian menggunakan ADDIE oleh Raiser dan Mollenda yang meliputi lima tahap yaitu: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Penentuan subjek penelitian menggunakan simple random sampling technique dan didapatkan 34 siswa kelas XI MIA 3 (kelas eksperimen) serta 34 siswa kelas XI MIA 6 (kelas kontrol). Pengumpulan data menggunakan teknik tes (soal pilihan ganda) dan non tes (wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi). Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Analisis data kemampuan berkomunikasi dilakukan dengan menghitung kemunculan masing-masing indikator dan nilai N-Gain, serta diuji statistik menggunakan Mann-Whitney test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) karakteristik modul sains yang dikembangkan yaitu memuat sintaks DJP Model yang meliputi: a preview section, a deep thinking section, an exercise section, solving problems, explaining, and evaluation dan untuk memberdayakan kemampuan berkomunikasi siswa; 2) pengembangan modul sains berbasis DJP Model divalidasi oleh para ahli materi, disain dan penyajian, perangkat pembelajaran, bahasa, praktisi pendidikan, dan uji skala kecil oleh siswa, sehingga dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XI; 3) modul sains berbasis DJP Model efektif dalam memberdayakan kemampuan berkomunikasi siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen 0,3 berkategori sedang dan kelas kontrol 0,02 berkategori rendah, serta hasil uji statistik menggunakan Mann-Whitney test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan kemampuan berkomunikasi kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda nyata. Kata Kunci: Modul Sains, DJP Model, Kemampuan Berkomunikasi, Sistem Ekskresi Manusia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Mar 2018 12:24
    Last Modified: 19 Mar 2018 12:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39960

    Actions (login required)

    View Item