Proses Pembelajaran Seni Hand Lettering pada Komunitas "Surakarya" di Surakarta

AJI, ATTIKA PUSPA (2018) Proses Pembelajaran Seni Hand Lettering pada Komunitas "Surakarya" di Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (163Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Attika Puspa Aji. K3213013. PROSES PEMBELAJARAN SENI HAND LETTERING PADA KOMUNITAS “SURAKARYA” DI SURAKARTA. Skripsi, Surakarta :Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar belakang yang mendasari terbentuknya Komunitas Surakarya, (2) proses pembelajaran seni hand lettering Komunitas Surakarya, (3) visualisasi hasil karya anggota Komunitas Surakarya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dilaksanakan selama 2 bulan. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa foto, arsip dan dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis flow. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Latar belakang yang mendasari terbetuknya Komunitas Surakarya adalah untuk membuat wadah bagi pecinta seni hand lettering di kota Surakarta dan adanya keinginan untuk belajar hand lettering bersama di dalam sebuah komunitas. (2) Proses pembelajaran yang dilakukan Komunitas Surakarya dilaksanakan melalui gathering dan melalui workshop. Pembelajaran melalui gathering dilakukan oleh anggota komunitas dengan proses pembelajaran diskusi dan sharing . Sementara proses pembelajaran melalui workshop dilakukan secara langsung dengan melakukan proses menggambar hand lettering bersama anggota maupun komunitas lain. Proses pembelajaran yang dilaksanakan Komunitas Surakarya menggunakan metode eksperimental, metode demonstrasi, metode ceramah, metode drill dan metode diskusi. Materi disampaikan dengan cara ceramah, demonstrasi dan diskusi, baik kelompok ataupun antar individu. Media pembelajaran yang digunakan yaitu contoh hasil karya hand lettering anggota, baik berupa hasil karya asli ataupun melalui foto, kertas print-out dari buku dan penjelasan dari pemateri. Evaluasi dilakukan dengan cara diskusi dan sharing. (3) Visualisasi hasil karya anggota Komunitas Surakarya mencakup prinsip desain, unsur visual, dan teknik. Kata kunci: proses pembelajaran, hand lettering, komunitas Surakarya, visualisasi karya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > ND Painting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 30 Nov 2018 14:56
    Last Modified: 30 Nov 2018 14:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39958

    Actions (login required)

    View Item