UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian Dilakukan Di Kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018)

Napiah, Nisa (2018) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian Dilakukan Di Kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (906Kb)

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Himpunan kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Himpunan kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksakanan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes akhir siklus. Indikator kinerja penelitian ini adalah setidaknya 60% siswa mendapatkan skor 2 pada setiap indikator pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Himpunan kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil tes akhir siklus II, terlihat bahwa persentase tingkat pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan skor 2 pada masing-masing indikator meningkat dibandingkan dengan tes akhir siklus I. Pada indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari yang mendapatkan skor 2 sebanyak 90,32% yang sebelumnya sebesar 79,31%. Pada indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut yang mendapatkan skor 2 sebanyak 74,19% yang sebelumnya sebesar 51,72%. Pada indikator menerapkan konsep secara logis yang mendapatkan skor 2 sebanyak 77,42% yang sebelumnya sebesar 44,83%. Pada indikator memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari yang mendapatkan skor 2 sebanyak 67,74% yang sebelumnya sebesar 51,72%. Pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematis (tabel, grafik, diagram, gambar, sketsa, model matematika atau cara lainnya) yang mendapatkan skor 2 sebanyak 70,97% yang sebelumnya sebesar 37,93%. Pada indikator mengembangkan syarat perlu dan atau syarat cukup suatu konsep yang mendapatkan skor 2 sebanyak 74,19% yang sebelumnya sebesar 34,48%. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), pemahaman konsep matematika siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 17 Mar 2018 00:51
    Last Modified: 17 Mar 2018 00:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39951

    Actions (login required)

    View Item