PERBEDAAN KEJADIAN DEPRESI PASIEN OSTEOARTHRITIS DENGAN TERAPI OAINS ORAL DAN INJEKSI INTRARTIKULAR ASAM HYALURONAT DI RS DR MOEWARDI SURAKARTA

NAZIHA, ANISA (2018) PERBEDAAN KEJADIAN DEPRESI PASIEN OSTEOARTHRITIS DENGAN TERAPI OAINS ORAL DAN INJEKSI INTRARTIKULAR ASAM HYALURONAT DI RS DR MOEWARDI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (562Kb)

    Abstract

    Pendahuluan: Prevalensi penyakit sendi berdasarkan diagnosis atau gejala di Indonesia dan di Jawa Tengah, yakni 24,7% dan 25,5%, dan meningkat seiring meningkatnya usia.Kejadian depresi tinggi pada populasi pasien osteoarthritis. Sesuai dengan rekomendasi terapi untuk pasien osteoarthritis sedang hingga berat, yakni OAINS oral dan viskosuplemen berupa injeksi intraartikular asam hyaluronat. Menurut hasil review yang sistematis efikasi kedua jenis terapi ini tidak memiliki perbedaan secara signifikan. Efikasi berhubungan dengan tingkat keparahan nyeri dan nyeri berhubungan dengan depresi. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kejadian depresi pasien osteoarthritis dengan terapi OAINS oral dan injeksi intrartikular asam hyaluronat di RS Dr Moewardi Surakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian merupakan pasien osteoarthritis genu derajat sedang hingga berat yang menerima terapi OAINS oral atau injeksi intraartikular asam hyaluronat ≥ 3 minggu. Masing-masing kelompok berjumlah 33 orang sesuai rumus sampel kategorik tidak berpasangan dengan teknik purposive sampling. Pengukuran kejadian depresi menggunakan Beck Depression Inventory II. Uji komparatif menggunakan chi-squaredan uji regresi logistik. Hasil:Uji komparatif chi-square didapatkan P < 0,05 (p=0,000); IK=95%. Terdapat 89,5% pasien dengan depresi yang diberikan terapi OAINS oral. Pada penelitian ini jenis kelamin, usia, penyakit fisik, status pernikahan, dan pendidikan formal tidak menjadi faktor prediktor depresi. OAINS oral lebih berisiko untuk menyebabkan depresi dari pada IAHA (p=0,001; OR=13,902). Simpulan:Terdapat perbedaan antara kejadian depresi yang lebih tinggi pada pasien OA dengan terapi OAINS oral dibandingkan dengan terpai injeksi intraartikular asam hyaluronat di RS Dr Moewardi Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Mar 2018 17:25
    Last Modified: 16 Mar 2018 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39927

    Actions (login required)

    View Item