Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017

Dewi, Wiwit Yuliana (2018) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (929Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wiwit Yuliana Dewi. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PULIHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017, (2) meningkatkan pembelajaran pecahan melalui penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dilaksanakan selama 3 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017, berjumlah 25 siswa. Sumber data yaitu siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) tumbuhkan dengan media konkret, (b) alami dengan media konkret, (c) namai dengan media konkret, (d) demonstrasikan dengan media konkret, (e) ulangi dengan media konkret, dan (f) rayakan dengan media konkret, (2) penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran pecahan pada siswa kelas IV SD N 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Terbukti dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) =70 pada siklus I =82%, siklus II =86%, dan siklus III =90%, (3) kendala dalam penelitian ini, yaitu: (a) guru kurang membimbing siswa saat pengulangan materi, (b) siswa kurang fokus menggunakan media konkret, dan (c) siswa gaduh saat perayaan. Solusinya yaitu: (a) guru mendampingi siswa mengulang materi, (b) siswa dibimbing menggunakan media konkret, dan (c) siswa dibimbing untuk membuat perayaan dengan wajar dan tidak bermain-main. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD N 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Quantum Teaching, Media Konkret, Matematika ABSTRACT Wiwit Yuliana Dewi. THE USE OF QUANTUM TEACHING LEARNING MODEL USING CONCRETE MEDIA IN IMPROVING THE LEARNING OF MATHEMATICS ABOUT FRACTION FOR FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 PULIHARJO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. June 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of quantum teaching learning model using concrete media in improving the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri 1 Puliharjo in the academic year of 2016/2017, (2) to improve the learning of mathematics about fraction through the use of quantum teaching learning model using concrete media, (3) to describe problems and solutions on the use of quantum teaching learning model using concrete media in improving the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri 1 Puliharjo in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles: two meetings. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 25 students of the fourth grade of SD N 1 Puliharjo. Sources of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes observation, interview, and test. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of quantum teaching learning model using concrete media, namely: (a) rising using concrete media, (b) experiencing using concrete media, (c) naming using concrete media, (d) demonstrating using concrete media, (e) repeating using concrete media, and (f) celebrating using concrete media, (2) the use of quantum teaching learning model using concrete media can improve the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri 1 Puliharjo in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of learning outcomes (KKM > 70) in the first cycle 82%, in the second cycle 86%, and in the third cycle 90%, (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) the teacher is less guiding the students during the repetition of the material, (b) the students are less focused on using concrete media, and (c) students are noisy during the celebration. The solution is: (a) the teacher accompanies the student repeating the material, (b) the students are guided using concrete media, and (c) the students are guided to make the celebration naturally. The results of this research show that the use of quantum teaching learning model using concrete media can improve the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri 1 Puliharjo in the academic year of 2016/2017. Keywords: Quantum Teaching, Concrete Media, Mathematics

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Mar 2018 15:44
    Last Modified: 16 Mar 2018 15:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39919

    Actions (login required)

    View Item