Pengaruh Karakteristik Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan Risiko pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

S, WIDYA OKTAVIA (2018) Pengaruh Karakteristik Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan Risiko pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (510Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh karakteristik Dewan Direksi terhadap pengungkapan risiko perusahaan. Karakteristik Dewan Direksi direpresentasikan dengan jumlah Dewan Direksi, proporsi Dewan Direksi Independen, proporsi gender Dewan Direksi dan tenure Dewan Direksi. Penelitian ini menggunakan ROA (Return on Asset), ukuran perusahaan (size), leverage dan audit firm sebagai variabel kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai dengan 2015. Jumlah data perusahaan yang digunakan sebagai sampel sebanyak 97 laporan keuangan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi Dewan Direksi Independen dan tenure Dewan Direksi berpengaruh positif terhadap pengungkapan risiko. Sementara itu, jumlah Dewan Direksi dan gender Dewan Direksi tidak berpengaruh terhadap pengungkapan risiko. Kata kunci : Pengungkapan Risiko, Dewan Direksi, Perusahaan Pertambangan, Tata Kelola Perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Mar 2018 15:20
    Last Modified: 16 Mar 2018 15:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39915

    Actions (login required)

    View Item