PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY TERBIMBING DAN BEBAS TERMODIFIKASI DITINJAU DARI SIKAP

Widiastuti, Vonia Suci (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY TERBIMBING DAN BEBAS TERMODIFIKASI DITINJAU DARI SIKAP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (876Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran discovery-inquiry terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; (2) pengaruh sikap ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; dan (3) interaksi antara model pembelajaran discovery-inquiry terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain faktorial 2x2. Sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 1 (discovery-inquiry terbimbing) dan kelas XI MIA 2 (discovery-inquiry bebas termodifikasi). Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, tes, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji non parametrik dengan uji Mann Whitney dan Kruskall Wallis yang terdapat dalam software SPSS 23 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak ada pengaruh model pembelajaran discovery-inquiry terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap prestasi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan terhadap prestasi belajar siswa; (2) terdapat pengaruh sikap ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi aspek keterampilan, sedangkan pada prestasi aspek pengetahuan dan sikap tidak ada pengaruh sikap ilmiah tinggi dan rendah; dan (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran discovery-inquiry terbimbing dan bebas termodifikasi dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Mar 2018 15:09
    Last Modified: 16 Mar 2018 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39909

    Actions (login required)

    View Item