PENGHITUNGAN OPTIMASI BAJA TULANGAN PADA PEKERJAAN PELAT DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL DAN AUTOCAD (Studi Kasus Pembangunan Apartemen Gunawangsa Tidar Surabaya)

Purwosri, Visaretri Pramuktia (2018) PENGHITUNGAN OPTIMASI BAJA TULANGAN PADA PEKERJAAN PELAT DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL DAN AUTOCAD (Studi Kasus Pembangunan Apartemen Gunawangsa Tidar Surabaya). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (758Kb)

    Abstract

    Dalam suatu proyek konstruksi, material baja tulangan merupakan komponen yang menghasilkan sisa material paling tinggi. Tingginya nilai sisa material baja tulangan ini perlu mendapat perhatian penting karena dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan biaya yang tak terduga (hidden cost) mengingat tingginya harga baja tulangan di pasaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, studi ini mencoba bar bending schedule mengkombinasikan program Microsoft-Excel dan juga AutoCAD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif yaitu dengan melakukan perhitungan bar bending schedule stuktur pelat dan balok menggunakan metode linear programming dengan bantuan program Microsoft Excel dan AutoCAD kemudian membandingkan hasil dari program tersebut dengan jumlah penggunaan besi di lapangan. Lokasi penelitian dilakukan pada Proyek Apartemen Gunawangsa Tidar Surabaya. Hasil analisis data diperoleh bahwa penggunaan program bantu Add-in Solver mampu mengoptimasi sisa material baja tulangan dengan cukup baik serta menghasilkan waste baja tulangan minimum. Presentase rata-rata penghematan baja tulangan pada masing-masing diameter yaitu pada Ø8 sebesar 25,99%, D10 sebesar 5,15%, D13 sebesar 19,09%, D16 sebesar 27,268%, D19 sebesar 17,03%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Mar 2018 14:52
    Last Modified: 16 Mar 2018 14:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39905

    Actions (login required)

    View Item