Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Ayah Karya Andrea Hirata serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK

HANDAYANI, VERA TRI (2018) Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Ayah Karya Andrea Hirata serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (699Kb)

    Abstract

    Handayani, Vera Tri. S841308022. 2017. “Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Ayah Karya Andrea Hirata Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK.” Tesis (Pembimbing I : Prof. Dr. Herman. J. Waluyo, M. Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.). program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gambaran latar belakang sosiologis pengarang novel Ayah, 2) gambaran sosiologis masyarakat yang tercermin dalam novel, 3) tanggapan pembaca terhadap novel, 4) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel, 5) relevansi novel dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis data dokumen berupa novel Ayah karya Andrea Hirata sebagai objek penelitiannya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan kajian sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak catat dan wawancara. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : pertama, gambaran sosial budaya dan kehidupan Andrea Hirata inilah yang menginspirasi Andrea untuk menulis novelnya. Kedua, sosial budaya masyarakat Belitung novel Ayah dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu : sistem religi, sistem pengetahuan (flora dan fauna, kesehatan, profesi maritim, teknologi informasi, perilaku antar sesama manusia) , system kesenian, system mata pencaharian hidup dan ekonomi ( buruh, pedagang, pegawai pemerintah, penyiar radio), sistem peralatan hidup dan teknologi (transportasi, alat komunikasi).kehidupan di Belitung yang sangat dekat dengan kesederhanaan, dengan kuli-kuli timah, dengan laut dan pelabuhan, dengan interaksi masyarakat dari berbagai etnis di Belitung . Ketiga , reseptor memberikan tanggapan adanya pendidikan karakter dan relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMK. Keempat, dari hasil penelitian novel Ayah didapatkan beberapa nilai pendidikan karakter diantaranya, kerja keras, kreatif, bersahabat dan komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kelima, nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah, mempunyai relevansi dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMK. Kata kunci: sosiologi sastra, nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Mar 2018 14:41
    Last Modified: 16 Mar 2018 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39901

    Actions (login required)

    View Item