Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungrejo Tahun Ajaran 2016/2017

SETIANINGSIH, TIKA (2018) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungrejo Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1392Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tika Setianingsih, PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TANJUNGREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model Quantum Teaching dengan media flashcard dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo tahun ajaran 2016/2017, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan melalui penerapan model Quantum Teaching dengan media flashcard pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo tahun ajaran 2016/2017, dan (3) menemukan kendala dan solusi penerapan model Quantum Teaching dengan media flashcard dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan selama tiga siklus dan terdiri atas tujuh pertemuan, siklus I dan II terdiri dari dua pertemuan dan siklus III terdiri dari 3 pertemuan. Dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tanjungrejo yang berjumlah 19 siswa. Sumber data penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV serta teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi serta menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa: (1) langkah penerapan model Quantum Teaching dengan media flashcard pada siswa kelas IV SD Negeri Tanjungrejo adalah: (a) tumbuhkan dengan flashcard, (b) alami dengan flashcard, (c) namai dengan flashcard, (d) demonstrasikan dengan flashcard, (e) ulangi dengan flashcard, dan (f) rayakan dengan flashcard, (2) penerapan model Quantum Teaching dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Tanjungrejo, terbukti dengan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥70 pada siklus I = 85,29%, siklus = 89,17%, dan siklus III = 90,62%. dan (3) kendala penelitian ini adalah guru masih mendominasi materi dan siswa masih ragu bertanya, solusi dari kendala tersebut adalah guru sesekali bertanya kepada siswa dan siswa diberikan motivasi agar lebih berani bertanya. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan. Kata kunci: Quantum Teaching, flashcard, Matematika ABSTRACT Tika Setianingsih, THE USE OF QUANTUM TEACHING MODEL USING FLASHCARD MEDIA IN IMPROVING THE LEARNING OF MATHEMATICS ABOUT FRACTION FOR FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI TANJUNGREJO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta.June 2017. The objectives of this research are (1) to describe the steps on the use of Quantum Teaching model using flashcard media in improving the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri Tanjungrejo in the academic year of 2016/2017, (2) to improve the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri Tanjungrejo in the academic year of 2016/2017 through the use of Quantum Teaching model using flashcard, and (3) to describe problems and solutions on the use of Quantum Teaching model using flashcard media in improving the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri Tanjungrejo in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles; 7 meetings. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 19 students of the fourth grade of SD Negeri Tanjungrejo. Sources of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of Quantum Teaching model using flashcard media, namely: (a) rising using flashcard, (b) experiencing using flashcard, (c) naming using flashcard, (d) demonstrating using flashcard, (e) repeating using flashcard, and (f) celebrating using flashcard, (2) the use of Quantum Teaching model using flashcard media can improve the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri Tanjungrejo in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of learning outcomes (KKM > 70 in the first cycle 85,29%, in the second cycle 89,17%, and in the third cycle 90,62%;, and (3) the problems encountered in the learning, namely: a) teacher still dominates the material and b) students feels in doubt to ask, solutions for these problems are: a) teacher occasionally asks to students and b) students are given motivation to be brave to ask. The conclusion of this research is the use of Quantum Teaching model using flashcard media can improve the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri Tanjungrejo in the academic year of 2016/2017. Keywords: Quantum Teaching, flashcard, Mathematics

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Mar 2018 14:13
    Last Modified: 16 Mar 2018 14:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39891

    Actions (login required)

    View Item